Kam. Mei 15th, 2025

Profil Lulusan

PROFIL LULUSAN

Profil Lulusan adalah penciri atau peran yang dapat dilakukan oleh lulusan di bidang keahlian atau bidang kerja tertentu setelah menyelesaikan studinya. Dalam proses penyusunan profil lulusan dan capaian pembelajaran/standar kompetensi lulusan, melibatkan berbagai pihak sesuai dengan Standar Operasional Prosedur Penyusunan Kompetensi Lulusan. Setelah melalui sejumlah prosedur penyusunan kompetensi lulusan, lahirlah rumusan profil lulusan dan capaian pembelajaran.

Adapun profil lulusan Prodi Magister Pendidikan Agama Islam dapat divisualkan sebagai berikut:

Profil Lulusan Prodi Magister Pendidikan Agama Islam

Profil Lulusan Utama Deskripsi Profil Lulusan
Pendidik PAI Sarjana Pendidikan yang memiliki kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan, kemampuan manajerial dan tanggung jawab sebagai tenaga administrasi Pendidikan pada PAUD, sekolah/madrasah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK/MAK, Dayah) dan instansi pemerintah/swasta dalam bidang Pendidikan yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir di bidangnnya serta mampu melaksanakan tugas dan bertanggung jawab berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian.
Peneliti bidang PAI Sarjana Pendidikan yang memiliki kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan, kemampuan manajerial dan tanggung sebagai asisten peneliti dalam bidang manajemen Pendidikan yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir di bidangnya serta mampu melaksanakan tugas dan bertanggung jawab berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian.
Konsultan bidang PAI Sarjana Pendidikan yang memiliki kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan, kemampuan manajerial dan tanggung jawab sebagai asisten konsultan Pendidikan pada PAUD, sekolah/madrasah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK/MAK, Dayah) dan instansi pemerintah/swasta dalam bidang Pendidikan yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir di bidangnnya serta mampu melaksanakan tugas dan bertanggung jawab berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian.

Rumusan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI)

Deskripsi Umum

Sesuai dengan ideologi Negara dan budaya Bangsa Indonesia, maka implementasi sistem pendidikan nasional yang dilakukan di Indonesia pada setiap level kualifikasi pada KKNI mencakup proses yang membangun karakter dan kepribadian manusia Indonesia sebagai berikut:

  • Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  • Memiliki moral, etika dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya.
  • Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air serta mendukung perdamaian dunia.
  • Mampu bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya.
  • Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan dan agama serta pendapat/temuan original orang lain.
  • Menjunjung tinggi penegakan hukum serta memiliki semangat untuk mendahulukan kepentingan bangsa serta masyarakat luas.

Deskripsi Kualifikasi Level 8 Jenjang Sarjana dalam KKNI

Landasan peletakan jenjang kualifikasi didasarkan pada Perpres Nomor 8 Tahun 2012 Tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia. Penjabaran level jenjang dijadikan acuan untuk kemudian dikembangkan dalam level 8 jenjang sarjana dan kejuruan. Adapun penjabaran deskripsi kualifikasi tersebut dapat dijabarkan sebagai berikut:

Deskripsi Kualifikasi Level 8 Jenjang Magister KKNI Prodi MPAI

Kemampuan di Bidang Kerja
Mampu mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan/atau seni di dalam bidang keilmuannya atau praktek profesionalnya melalui riset, hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji.
1.       Mampu mengembangkan pengetahuan dan teknologi dalam bidang Ilmu Pendidikan Agama Islam atau praktek profesionalnya melalui riset, dan menghasilkan karya inovatif dan teruji

2.       Mampu memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi dalam meningkatkan kualitas dan menyelesaikan berbagai masalah pembelajaran Pendidikan Agama Islam

 

Kemampuan di Bidang Pengetahuan
Mampu memecahkan permasalahan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/ a tau seni di dalam bidang keilmuannya melalui pendekatan inter atau multidisipliner.
Mampu menganalisis dan memecahkan permasalahan pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui pendekatan inter atau multidisipliner.

 

Kemampuan dan Tanggung Jawab Manajerial
Mampu mengelola riset dan pengembangan yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan, serta mampu mendapat pengakuan nasional dan internasional
1.        Mampu mengelola dan mengembangkan riset yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan bidang Pendidikan Agama Islam, dan mendapat pengakuan nasional dan internasional

2.       Mampu menghasilkan dan mempublikasikan karya ilmiah yang inovatif dan teruji dalam bidang Pendidikan Agama Islam di jurnal ilmiah nasional dan atau internasional